Selasa, 07 November 2017

Cara Membersihkan Virus di Komputer dengan Avast Boot-Time Scanning

Cara Membersihkan Virus di Komputer dengan Avast Boot-Time Scanning

Cara membersihkan virus di komputer memang gampang – gampang susah. Kadang kita sudah hati – hati begitu install ulang Windows, tak tahunya virus balik lagi karena ternyata master program seperti office dan driver hardware juga sudah terinfeksi virus juga, tapi kita tidak menyadarinya.
Dengan Avast Boot-time Scanning membersihkan virus di komputer ini jadi lebih efektif, bahkan bisa dibilang bisa tuntas sampai ke akar – akarnya. Karena proses membersihkan virus ini berbeda dengan kebanyakan antivirus lainnya.

Apa itu Boot-time scanning?

Boot time scanning adalah cara membersihkan virus di komputer yang ada pada Avast antivirus berjalan saat komputer dalam proses booting, sebelum masuk ke windows, saat proses dari BIOS menginjak Operating System.
Saat itu Windows belum sepenuhnya jalan, karena proses logon belum berlangsung, maka otomatis aktivitas virus belum terjadi, karena Windows yang dia perlukan untuk ditunggangi belum ada.
Avast bekerja tanpa hambatan dalam membersihkan virus di komputer ini, karena tentu saja perlawanan seperti yang dihadapi antivirus pada umumnya tidak ia dapatkan.
Sudah ada gambaran khan, keunggulan cara membersihkan virus di komputer denga Avast Boot-time scanning ini? Sekarang bagaimana cara menjalankannya?

Cara menjalankan Avast Boot-time scanning

Sebelumnya tentu saja kamu harus install Avast Antivirus, kalau mau membeli programnya bisa klik di sini, tapi kalau mau yang free saja, download Avast Free Antivirus sekarang.
Setelah terinstall, buka jendela Avast Antivirus dengan melalui shortcut di desktop atau juga system tray, lalu pilih menu scan, lalu pilih boot time scan dari drop down;
Atur settingan boot-time scanning dengan klik tombol setting dibawah tulisan ‘not scheduled’ hingga seperti ini (area: semua disk, sensitivitas: tinggi, ditemukan virus: ask/tanya);
Klik OK, lalu klik tombol start besar dari gambar pertama tadi.
Komputer kamu akan langsung restart dan memulai proses scan sesuai dengan pesanan kamu. Saat nanti ditemukan virus, komputer akan bertanya tentang tidakan yang kamu pilih, saya cenderung menghapus semuanya/delete all. Karena sering saat dicoba direpair biasanya tetap tidak bisa.
Ada resiko Windows tidak bisa booting saat systemnya sudah terinfeksi parah. Tapi mau bagaimana lagi, apa kamu mau memelihara virus terus?
Disinilah pentingnya backup/reset, baik menggunakan fitur bawaan Windows kamu atau dengan menggunakan keping DVD untuk restore/install ulang.

Kemungkinan kehilangan data?

Jangan khawatir, kebanyakan virus bekerja dengan menginveksi file program (.exe) atau library (.dll). File dokumen seperti Word, Excel, power point, video dan juga mp3 biasanya hanya disembunyikan/hidden.
Seperti yang saya tulis di awal, master program seperti office dan driver hardware kadang juga terkena virus, dengan cara ini mereka bisa juga tanpa sadar terhapus, solusinya saya kadang menyimpannya dalam format .rar atau .ISO sekalian agar tidak bisa diinfeksi virus.

Memunculkan kembali file yang disembunyikan virus dengan command prompt (CMD)

Setelah windows diinstall ulang (kalau memang terpaksa begitu), tinggal memunculkan lagi dengan setting attribute ke normal melaui bantuan command prompt. Secara singkat command prompt bisa diakses dengan pilih Run (pencet tombol Windows dan R sama – sama), lalu ketik cmd.

Untuk membersihkan drive D kamu tinggal ketik d: + enter, ketik attrib -a -s -r -h /s /d + enter tunggu sampai selesai.

Untuk drive lainnya tinggal ganti jadi d: tadi dengan e:, f:, dan seterusnya disusul dengan perintah attrib tadi.

Cara membersihkan virus di komputer sampai tuntas

Yah, seperti itulah cara membersihkan virus di komputer kamu sampai tuntas dengan bantuan boot-time scanning dari Avast Antivirus. Hingga proses mengembalikan data yang disembunyikan virus juga sudah saya lengkapi.
sumber :  https://abouttiyo.web.id/cara/membersihkan-virus-di-komputer-dengan-avast/

  1. On-site Support :
  • Trouble Shooting, Komputer/laptop Hang, lemot, sering restart, tidak mau hidup, jaringan bermasalah
  • Upgrade Komputer PC
  • Virus Removal & Protection
  • Installasi Jaringan Kabel/Wireless
  • Backup data penting rutin otomatis perhar
Image result for logo simbah komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar