Selasa, 07 November 2017

Permasalahan yang sering terjadi pada VGA dan Bagaimana Solusinya

Permasalahan yang sering terjadi pada VGA dan Bagaimana Solusinya

Permasalahan yang sering terjadi pada VGA dan Solusinya ?

Setelah kita mengetahui apa itu VGA, serta jenis-jenis VGA yang akan kita gunakan sesuai kebutuhan, secara tidak langsung apabila terjadi permasalahan pada VGA kita akan merasa kebingungan, karena VGA merupakan perangkat penunjang yang sangat Penting.
Dinisi saya akan memberikan informasi tentang permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada VGA dan bagaimana mengatasinya apabila terjadi masalah pada VGA tersebut.
  1. Masalah Pertama
    Ketika komputer dihidupkan terdengar bunyi beep panjang 1x dan pendek 3x biasanya terjadi masalah pada modul VGA Cardnya, atau modul yang terpasang pada slot expansi.Solusi :
    Lepas VGA card dan modul yang terpasang pada slot expansi, kemudian gosok bagian kaki VGA menggunakan penghapus dan bersihkan menggunakan tisu. Kemudian pasang kembali satu persatu dan mulailah dengan VGA cardnya.

  1. Masalah Kedua:
    Komputer hidup tapi monitor tidak mengeluarkan gambar.
    www.iqbalmay.com
    Solusi :
    a. Cek apakah komputer dalam keadaan baik dengan cara menekan tombol caps lock atau num lock, jika lampu indicator hidup berarti ada masalah pada monitor.
    b. Setelah diketahui bahwa komputer tidak ada masalah langkah
    selanjutnya adalah merestart komputer. Kemudian ketika hidup tekan
    tombol F8 dan maka akan muncul tampilan Safe Mode. Kemudian pilih
    Enable VGA mode.
    c. Kemudian akan masuk ke windows, tetapi jangan heran karna tampilan gambar akan membesar semua, itu karena default VGA ke resolusi 680×400. Lalu ganti resolusi sesuai kemampuan monitor dan restart.

  1. Masalah Ketiga
    Tampilan warna pada monitor tidak sesuai dengan warna sesungguhnya.Solusi :
    Periksa konektor VGA dari monitor apakah ada pin yang patah atau hilang kemdian bila ada yang patah atau hilang, perikasalah pin nomor berapa, karena pin yang digunakan adalah pada no. 1,2,3,6,7,8,10,13 dan 14. Jika dari pin tersebut ada yang rusak atau patah maka perlu ganti konektor, terutama pin 1, 2 dan 3 yang merupakan RGB atau warna dasar. Cara menggantinya yaitu dengan cara potong kabel VGA dan perhatikan warnawarna kebel yang ada, terhubung ke pin berapa kabel-kabel tersebut. Kemudian hubungkan ke konektor yang baru dengan men-solder kabel-kabel pada pin-pin yang sesuai pada konektor aslinya.

  1. Masalah Keempat
    Tampilan pada monitor agak bergaris halus berwarna putih.
    www.iqbalmay.com
    Solusi :
    Biasanya tanda-tanda seperti itu merupakan pertanda bahwa usia VGA sudah hampir habis. Untuk memperpanjang usia VGA sebaiknya tidak menggunakan Resolusi yang paling tinggi dan tidak menginstal program aplikasi atau game diluar kemampuan VGA.
    sumber : http://www.iqbalmay.com/permasalahan-yang-sering-terjadi-pada-vga-dan-bagaimana-solusinya/

    1. On-site Support :
  2. Trouble Shooting, Komputer/laptop Hang, lemot, sering restart, tidak mau hidup, jaringan bermasalah
  3. Upgrade Komputer PC
  4. Virus Removal & Protection
  5. Installasi Jaringan Kabel/Wireless
  6. Backup data penting rutin otomatis perhar
  7. Image result for logo simbah komputer 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar